Sunday, January 17, 2010

SEPULUH PESAN RASULLAH S.A.W

Dari Abu Dzar, telah berkata Abdurrahman katanya: Aku berkata kepada Rasulullah s.a.w. : ”washiatilah aku ! (berilah aku pesan !)”, nabi bersabda (memberikan pesannya)

1-Taqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada.
2-Dan susullah amal yang buruk dengan amal yang baik yang akan menghapusnya
3-Dan bergaullah kepada sesama manusia dengan akhlaq yang terpuji (H.R. Ahmad juz 5 halaman 158, baris 5-6 dari atas)
4-Beliau perintah kepadaku supaya aku mencintai orang-orang miskin dan mendekat kepada mereka.
5-Dan beliau perintah kepadaku supaya melihat orang yang dibawahku, dan tidak melihat orang yang diatasku (tentang harta dunia supaya bisa bersyukur)
6-Dan beliau perintah kepadaku supaya aku menyambung tali persaudaraan
7-Dan beliau perintah kepadaku supaya aku tidak minta-minta sesuatu kepada seseorang
8-Dan beliau perintah kepadaku supaya aku berbicara yang benar walapun pahit rasanya
9-Dan beliau perintah kepadaku supaya aku tidak takut cacian orang yang mencaci dalam menegakkan agama Allah (supaya tidak terkesan ada kendala)
10-Dan beliau perintah kepadaku supaya aku membanyakkan baca ”La haula wala quwwata illa billah” karena kalimat itu sebagai bangunan dari gedung sorga yang berada dibawah kerajaan Alloh
(H.R. Ahmad juz 5, halaman 159 pada baris 11-15 dari atas)

Keterangan

Tidak pandang apa sebab wurudul hadist melainkan keumuman lafal dalam hadist itu yang kita pegangi, sehingga isi wasiat maupun perintah Nabi itu untuk kita semua. Demikianlah cara kita memahami ayat Al Quran maupun hadist nabi yang isinya bersifat umum selama tidak ada yang mentakhshishnya (membatasi keumumannya). Qaidah berkata :” yang dipegangi (dipedomani) adalah keumuman lafal/ kata-kata bukan sebab yang khusus.”

No comments:

Post a Comment